kombinasi rumah

Saya mengambil gambar foto ini Di jawa tengah tepatnya daerah magelang.  Gambar rumah ini diambil dari posisi belakang, dimana bentuknya masih sangat sederhana dan masih seperti  salah satu khas rumah adat daerah jawa tengah.

Rumah ini dibangun dengan menggunakan bahan-bahan dari kayu yang mempunyai daya elastisitas yang tinggi, bisa sedikit lebih kuat dibandingkan dengan bahan campuran semen, pasir, dan batu bata.

Salah satunya yaitu terbuat dari kayu jati pada bagian-bagian pintu dan jendelanya, pada bagian tiangnya atau colomnya megunakan kayu dari pohon kelapa, sloof atas dan kuda-kudanya menggunakan  kayu dari pohon nangka, sedangkan kaso dan reng menggunakan batang bambu yang telah direndam berbulan-bulan  supaya menghasilkan  batang bambu yang kuat dan tidak mudah kropos. Tembok pada bagian luar menggunakan anyaman bamboo seperti warna aslinya, sedangkan dinding dan plafon bagian dalam menggunakan triplek yang telah di cat.

Pada bagian depan atau tampak depan rumahnya telihat sedikit lebih modern, walaupun gentingnya membentuk sudut keatas seperti rumah-rumah adat jawa yang bertujuan agar air hujan jatuh smpurna pada genting, cepat mengalir dan tidak menimbulkan suara yang bising.

Colom di bagian depan sudah diganti menggunakan bahan-bahan campuran, tidak lagi menggunakan kayu pohon nangka. Temboknya juga  telah digantikan dengan campuran semen, pasir, batu bata, dan bagian bawahnya diberi batu tempel, tembok dan colom diberi cat dengan warna semenarik mungkin, begitu juga dengan lantainya telah menggunakan kramik yang menandakan rumah modern.

Published in: on 22 November 2009 at 8:16 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://dimasseptiyanto.wordpress.com/2009/11/22/kombinasi-rumah/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: