Arti Feng Shui

Feng Shui adalah sebuah ilmu metafisika-arsitektur dalam aspek mikro dan merupakan ilmu metafisika-topografi yang menentukan keberuntungan sebuah kota ataupun negara berdasar dalam aspek makro yang sudah berkembang sejak lebih dari 1000 tahun yang lalu di Tiongkok.

Ini merupakan sebuah ilmu statistik yang mengamati perubahan kehidupan dan perilaku manusia ketika seseorang menghuni sebuah rumah atau wilayah dengan ciri khas tertentu. Menurut cerita literatur klasik, dahulu ilmu ini hanya berkembang di kalangan kerajaan saja, lambat laun karena perubahan jaman mulai berkembang pada rakyat biasa dan menjadi sebuah kebudayaan bagi bangsa Tiongkok yang unik dalam seni metafisika-arsitektur.

Feng Shui merupakan salah satu Ilmu tentang tata bangunan yang menyarankan manusia dan alam hidup harmonis dan sejalan. Pengrusakan dan bencana akan terjadi bila tidak ada keselarasan.

Dasar ilmu Feng Shui diterapkan melalui pemahan tentang teori Yin dan Yang yang mana teori Yin dan Yang menjelaskan tentang hakekat keseimbangan serta ketergantungan antara satu dengan yang lain serta aplikasi yang dijelaskan melalui media warna hitam, putih yang saling mempegaruhi.

 Hal-hal yang dipelajari dalam ilmu ini adalah sebuah lingkungan di mana seseorang tersebut tinggal. Lingkungan ini adalah gunung, lembah, sungai, air, bentuk dan warna tanah serta arah mata angin. Mengapa ? Karena dimana lingkungan manusia itu tinggal, maka di situlah akan terdapat sebuah medan energi yang disebut dengan Qi (dibaca: Chi) yang akan mempengaruhi kehidupan seseorang.

Dalam pengalaman ketika mengaudit feng shui rumah seseorang, sering kali menemukan rumah-rumah yang memiliki karakteristik feng shui yang lemah, sehingga seringkali menimbulkan permasalahan rumah tangga maupun masalah keuangan seseorang tanpa mereka sadari.

 Mungkin pemilik rumah ini tidak menyadari bahwa terdapat kaidah umum yang harus diketahui sebelum membeli ataupun membangun sebuah rumah berdasar pedoman Feng Shui. Dan sayangnya, persitiwa seperti ini tidak banyak yang bisa dilakukan kecuali pindah ke rumah baru. Oleh karena itu, dalam kasus-kasus tersebut yang bisa dilakukan hanyalah melakukan sedikit perubahan seperti : merubah letak pintu utama, merubah posisi ranjang (masterbed) maupun pindah ke ruangan yang lain, merubah posisi kompor, sampai menggunakan beberapa produk fengshui yang sekiranya cukup membantu.

Sumber :

http://blackarsitek.blogspot.com

Published in: on 17 Desember 2012 at 6:07 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://dimasseptiyanto.wordpress.com/2012/12/17/arti-feng-shui/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: